Opening ARTOTEL Yogyakarta.

ARTOTEL Group bekerjasama dengan Rasanto Group untuk mengembangkan bisnisnya di bidang Hospitality dengan membuka ARTOTEL Yogyakarta secara resmi pada 7 Desember 2017.

Terletak di Jl. Kaliurang KM 5.6 No. 14, Caturtunggal, Sleman, Artotel Yogyakarta hadir sebagai hotel baru dengan gaya arsitektur modern yang dikombinasikan dengan pesona budaya lokal Yogyakarta. Dengan mengusung ciri khas ARTOTEL sebagai hotel desain yang terinspirasi dari seni dan memiliki fasilitas yang unik, baik dari eksterior maupun interiornya, ARTOTEL Yogyakarta menawarkan sesuatu yang baru untuk kota Yogyakarta, yaitu tersedianya sliding atau seluncuran sebagai pengganti tangga dari lantai 2 ke lantai 1. Seluncuran ini terbuat dari kuningan yang kokoh dan dilengkapi matras yang tipis sehingga aman untuk digunakan oleh para tamu.

Terinspirasi dari salah satu unsur budaya lokal Yogyakarta, yaitu anyaman yang memiliki filosofi kuat dan kokoh karena teknik jalinannya, ARTOTEL Yogyakarta menerapkan unsur anyaman dalam konsep rancang desainnya dengan tema “Keselarasan dalam Harmoni”. Hal ini terlihat dari fasad gedung yang dibalut dengan anyaman sintetis hingga fasilitas interior hotel baik di ruang publik maupun kamar yang banyak menggunakan unsur anyaman.

 

Hadir dengan 105 kamar dengan pemandangan Gunung Merapi, Kota Yogyakarta, dan Jalan Kaliurang. Serta tidak ketinggalan ARTSPACE yang berfungsi sebagai galeri seni khas ARTOTEL. Sama seperti properti ARTOTEL lainnya yang mendukung seniman lokal beraliran seni kontemporer yang menetap di daerah hotel itu berada.  Untuk menciptakan unsur artistik pada fasilitasnya ARTOTEL Yogyakarta berkolaborasi dengan 6 seniman lokal di Yogyakarta, yaitu Fathoni Makturodi, Soni Irawan, Apri Kusbiantoro, Uji Hahan, Ronald Aprian, dan Tempa.

Proses pemilihan seniman dan penentuan karya seni yang dibuat dibantu oleh tim ARTOTEL Project Series (APS) sebagai divisi seni ARTOTEL Group dan dikurasi oleh Heri Pemad, seorang kurator ternama dari Yogyakarta yang juga penggagas dan pendiri ART JOG, acara pameran seni tahunan bergengsi di Yogyakarta.

 

 

Teks: Amelia Nurtiara Fotografi: Dok. ARTOTEL Group