Self Explanatory

Berbicara dengan diri sendiri, mengenal kegundahan, kebahagiaan serta memori pribadi, Self Explanatory group exhibition membawa serta rasa dan pemikiran ketiga seniman wanita ini dalam karya-karya yang otentik dan sangat personal.

 

Berangkat dari sebuah pemikiran bahwa semua orang sedang atau pernah berada dalam masa-masa pencarian jati diri, a place where we belong, dan pergolakan pribadi untuk mencapai status nyaman dengan apa yang mereka punya. Pameran bertemakan Self-Explanatory ini menghidupkan apa yang ada di benak ketiga seniman wanita Indonesia dalam wujud karya seni yang personal.

Membawa perwujudan karya dari setiap perbincangan, memori, perasaan, kontemplasi, pertanyaan dalam diri dan pengalaman Ines Katamso, Natisa Jones dan Ykha Amelz, group exhibition yang dikurasikan oleh Shila Ghaisani dan digelar di Dia.lo.gue artspace pada 16 November hingga 16 Desember 2017 ini mungkin mampu membantu Anda menjawab setiap pertanyaan dalam proses kehidupan.

Dibagi menjadi tiga proyeksi kehidupan, dari Ines Katamso dengan karya lukisan kanvas yang menyatukan layer warna polos dan goresan-goresan kuas yang membentuk harmoni tanpa paksaan, serta tempelan-tempelan bunga yang berpencar dan terlihat messy. Natisa Jones memberikan percakapan, pemikiran, bahasan, momentum dalam bentuk layer di sebuah lukisan kanvas abstrak yang merepresentasikan simpangan perjalanan, pandangan yang abstrak dan figur-figur yang terlihat blur. Sementara Ykha Amelz memberikan a glimpse of her perspective on anxiety strike, dengan simbol-simbol yang menggambarkan masa kecilnya, situasi-situasi unik dalam gambar dan lukisan yang mengingatkan kita akan hal-hal yang butuh kita syukuri, serta karakter Babbot dalam ilustrasi jenaka yang menceritakan keadaan dan perasaan yang wajar kita rasakan sehari-hari.

Lewat pameran sederhana ini, terselip pesan bahwa dalam mempertanyakan jati diri dan kenyamanan harus melalui proses yang organik, yang akan terus berjalan dengan sendirinya hingga menemukan muara dengan refleksi, perjalanan hidup, petualangan dalam diri dan perspektif pribadi yang akan berkesinambungan tepat pada waktunya. It’s a process of growing, is not something one finds, it is something one creates.

Teks: Amelia Nurtiara & Vinny Vindiani Fotografi: Dok. Dia.lo.gue Artspace