Lampu AJ dari Louis Poulsen dan bekerja sama oleh desainer Arne Jacobson.

TEKS & RISET ARISA IMANDARII FOTOGRAFI DOK. LOUIS POULSEN

 

 

DESAINER Arne Jacobson.
DETAIL Lampu lantai AJ dengan warna-warna baru untuk Louis Poulsen.

LATAR BELAKANG Louis Poulsen memberikan penghormatan pada desainer Arne Jacobson yang telah mendesain lampu ikonis AJ sejak 60 tahun lalu, dengan menciptakan warna-warna baru yang dinamis.

Lampu AJ ini sendiri dirancang oleh Arne Jacobsen dalam pilihan lampu meja, lantai, dan dinding pada tahun 1957. Lampu yang didesain khusus untuk SAS Royal Hotel di Copenhagen ini menjadi bagian integral di mana menjadi konsep desain keseluruhan bangunan. Sejak saat itu, lampu ini menjadi ikon desain dunia dan salah satu lampu paling terkenal yang dibuat oleh Arne Jacobson.

Warna memiliki efek psikologis dan merangsang indra kita. Warna-warna ini dapat diaplikasikan pada objek secara terpisah maupun bersamaan. Sebagai tambahan dari warna orisinal, hitam, putih, dan pale petroleum, Louis Poulsen menghadirkan tujuh warna baru yang bergaya klasik dan kontemporer: dark green, ochre, rust red, midnight blue, aubergine, dan dua gradasi abu-abu. Warna ini dipilih secara hati-hati agar masih berhubungan dengan dunia Arne Jacobson sekaligus tampilan yang lebih baik lagi.

Ketujuh warna baru ini sudah tersedia sejak Maret 2017, dan produk Louis Poulsen dapat Anda pesan melalui Class International. (louispoulsen.com)