Apartemen 85 m2 ini tampak edgy dengan solusi penyimpanan pintarnya dan ruang kerja yang transparan!

 

Teks & koordinasi/Sunthy Sunowo & Fivi Anjarini; Fotografi/Dok. Hello Embryo

 

Didesain untuk menonjolkan karakter pemilik yang mencintai seni, apartemen di Singapura ini tampil berkarakter kuat dengan komposisi selaras di setiap ruangnya.

 

HOME PROFILE 

PEMILIK Pasangan suami istri yang sama-sama menyukai karya seni; mereka bekerja sebagai desainer grafis dan seniman origami. PROPERTI Apartemen dengan luas 85 meter persegi di kawasan Sunggol, Singapura yang terdiri dari ruang keluarga, ruang kerja, kamur tidur, dapur, dan kamar mandi.

 

RUANG KERJA

Ruang kerja didesain dengan memerhatikan privasi saat bekerja. Namun, karena dibatasi dengan kaca, memungkinkan ruang ini tetap terkoneksi dengan ruang lain.

Get the look Kursi kerja seperti ini dapat ditemukan di Walter Knoll. Meja kayu serupa dapat dipesan melalui Supellex.

 

 

 

 

RUANG KELUARGA

Ukuran furnitur yang pas dan padu padan furnitur vintage di ruang ini tampak selaras, sehingga membuat pemilik apartemen merasa nyaman berlama-lama di sini.

Get the look Sofa vintage seperti ini dapat dipesan melalui Jakarta Vintage. Beraneka bantal dapat dibeli di Vivere. Beragam karpet seperti ini dapat ditemui di Ikea.

“Klien kami sangat menyukai pegboard di ruang keluarga ini karena memberikan kemungkinan tanpa batas untuk menata komposisi karya seni mereka,” ujar Melvin.

Get the look Terarium seperti ini dapat dipesan melalui Figura. Berbagai bingkai foto seperti ini dapat Anda temukan di Ikea.

 

Mendesain interior untuk apartemen memang selalu memiliki tantangan. Apartemen di Singapura ini menjadi salah satunya yang berhasil dirancang dengan apik oleh Hello Embryo. Menurut Melvin Tan, arsitek dari Hello Embryo, interior apartemen ini didesain dari kondisi kosong. Penyesuaian pada tata letak ruang dilakukan agar bisa memberikan wadah yang sesuai dengan pola kegiatan pemiliknya. “Tahapan desain memakan waktu kurang lebih dua bulan dan konstruksi nya sendiri selama dua bulan, jadi total semuanya sekitar empat bulan,” ujar Melvin.

Keterbatasan luas apartemen juga tidak berarti membatasi kreativitas dan ekspresi personal dari pemiliknya. Seperti pemilik apartemen ini misalnya, mereka memasang pegboard (papan pasak kayu dengan grid lobang) di ruang keluarga sebagai solusi tempat penyimpanan sekaligus merupakan pernyataan desain mereka. Papan ini bagaikan area memorabilia, tempat memajang karya mereka, foto, karya seni, pernak-pernik kerajinan, dan kenang-kenangan. Dindingnya dilapisi untuk memasang dudukan ambalan tempat memajang pernik-pernik tersebut. Kapan saja sang pemilik bisa mendekorasi ulang dinding ini dan memindahkan posisi ambalan-ambalan yang ada sesuai dengan kebutuhan.

Hunian ini berhasil didesain dengan memerhatikan karakter, kebiasaan, dan kebutuhan kegiatan pemiliknya. Pertemuan antara ekspresi modern, perabot vintage, dan pernik-pernik koleksi pemilik rumah ini ditata dengan sangat apik. Tanpa harus menjadi super-bersih dan menoleransi ekspresi minimalis, apartemen dengan luasan terbatas tetap bisa memberikan ruang-ruang dengan dekorasi. … READ MORE (Juni-Juli 2017)

 

RUANG KERJA

Meskipun dalam ruang transparan, privasi tetap terbentuk dan area juga terdefinisi dengan jelas.

Get the look Vastuhome memiliki pilihan beragam rak buku. Tempat perlengkapan alat tulis dan tempat minum dapat ditemukan di Aksara.

 

 

 

“Selama ini klien kami teman-teman terdekat, jadi mereka memercayakan semuanya kepada kami. Ini sangat menyenangkan, seperti memiliki kebebasan berkarya di atas sebuah kain kanvas yang kosong,” ujar Melvin Tan.

 

DAPUR

Dapur berupa lorong memanjang dengan peralatan memasak yang sederhana, tetapi cukup memberikan ruang penyimpanan dengan overhead cabinet.

Get the look Vastuhome memiliki pilihan beragam rak buku. Tempat perlengkapan alat tulis dan tempat minum dapat ditemukan di Aksara.

 

KAMAR MANDI

Kamar mandi tampil sedikit raw dengan ekspos semen, kayu, kaca, dan dekorasi dari tanaman dalam pot yang ditata apik.

Get the look Wisma Sehati menyediakan beragam pilihan wastafel dan keran seperti ini. Tanaman buatan dapat diperoleh di Vivere.