Inilah hunian modern tropis yang berhasil memaksimalkan ruang terbuka hijau!

Teks & koordinasi / Fivi Anjarini
Fotografi / Dok. Adria Yurike Architects

 

Pemanfaatan lahan yang sangat royal dengan ruang hijau menjadikan hasil akhir rumah di bilangan Jakarta Selatan ini terkesan low profile dan teduh.

 

PROFIL RUMAH
PEMILIK Pasangan muda yang memiliki tiga orang anak berusia di bawah 12 tahun.

PROPERTI Rumah bergaya modern tropis yang terletak di Cilandak, Jakarta Selatan. Luas tanahnya sekitar 1234 meter persegi, sementara luas bangunan sekitar 900 meter persegi. Hunian ini terdiri dari ruang keluarga, ruang kerja, kamar tidur, dapur, kamar mandi, dan kolam renang.

 

Saat berbicara mengenai desain hunian,

tim Adria Yurike Architects meyakini bahwa rumah tinggal adalah susunan dari ruang-ruang tinggal yang dikomposisi baik untuk memenuhi kebutuhan pengguna. Untuk itu, mereka juga yakin bahwa sebuah rumah tinggal harus fungsional dan menjawab pola hidup secara umum dan spesifik pada saat bersamaan. Seperti hunian ini misalnya, yang menjadi fokus perhatian sang pemilik rumah adalah area ruang luar karena mereka sekeluarga gemar meluangkan waktu bersama di area tersebut. “Mereka senang melakukan kegiatan outdoor pada setiap kesempatan luang bersama keluarga di area teras, kolam renang, dan taman yang besar. Bahkan, mereka sering melakukan camping untuk mengisi waktu akhir pekan!” ujar Adria, principal Adria Yurike Architects. Oleh karena itu, rumah ini dirancang sedemikian rupa sehingga memiliki keterbukaan terhadap ruang luar, yang pada setiap kesempatan berbeda mampu memberikan pilihan bagi penghuni dalam mewadahi aktivitas keluarga.

Untuk merealisasikan keinginan pemilik rumah, Adria Yurike Architects bekerja sama dengan konsultan interior (Era Said/W+), lighting (Ratna Darmawan/SSA Lighting), serta lanskap, sehingga tercipta suasana rumah yang hangat dan teduh dengan menerapkan perpaduan gaya modern tropis pada arsitekturnya, dan light classic pada interiornya. Konsep denah yang mengalir antar-ruang dan selalu memiliki bukaan pada sisi-sisinya mempertegas kesan rumah tropis yang informal serta terbuka. Adapun waktu pengerjaan hunian ini memakan waktu kurang lebih 24 bulan masa konstruksi dari awal proses desain hingga tahap pengawasan. Read More (June-July 2017 Issue)

 

 

DAPUR

Area ini adalah salah satu ruangan favorit pemilik rumah. Untuk itu, tempat ini didesain semenarik mungkin dan menjadi salah satu focal point di rumah ini.

Get the look Puriartha memiliki bar stool seperti ini. Kabinet dapur dan fitting-nya seperti ini dapat dipesan di Blum. Ubin lantai dari Tegel Kunci.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

KOLAM RENANG

“Kami suka menghabiskan waktu luang bersama di area ini. Kami juga sering berkemah untuk mengisi waktu akhir pekan!” ujar pemilik rumah.

Get the look Bermacam lentera tersedia di Element, Kemang, Jakarta. Dedon memiliki banyak koleksi lounge chair yang menarik seperti ini.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

OUTDOOR-FACADE

Fasad luar bangunan memiliki nuansa tropis dengan penggunaan dominasi material-material alam, sejalan dengan konsep tropical getaway yang diterapkan pada bangunan ini.

Get the look Bebatuan alam seperti ini dapat ditemukan di toko bangunan. Indogress memiliki koleksi keramik dan ubin untuk area outdoor dan dasar kolam.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

RUANG KELUARGA

Pada ruang keluarga, diciptakan keterdekatan antara ruang luar dan ruang dalam dengan adanya bukaan di sekeliling ruangan, sehingga memiliki nuansa terbuka.

Get the look Sofa seperti ini diperoleh dari Arbor & Troy. Elite Grahacipta mempunyai berbagai koleksi lampu meja dan pajangan guci keramik. Saniharto mempunyai koleksi lemari pajangan.

 

“Kami menyukai gaya arsitektur modern tropis dengan ruang terbuka hijau yang lapang karena kami senang melakukan kegiatan outdoor bersama di ruang luar,” ujar pemilik rumah

 

 

 

 

 

 

 

 

KAMAR MANDI

Area ini memiliki nuansa klasik menggunakan dominasi warna hitam dan putih, menimbulkan perpaduan yang simpel dan elegan pada ruangan.

Get the look Galleria mempunyai beraneka pilihan wastafel dan keran seperti ini. Elite Grahacipta memiliki koleksi lampu gantung dan dinding bergaya klasik.