Leader of the pack

PROFIL RUMAH

2-profil-rumah

PEMILIK Desainer Jonathan Adler dan partnernya, Simon Doonan yang bekerja sebagai penulis dan creative ambassador di Barneys New York, serta anjing peliharaan mereka, Foxylady.

PROPERTI Sebuah apartemen dupleks di Greenwich Village, New York, yang terdiri atas ruang tamu, ruang TV, dapur, ruang makan, ruang kerja, kamar mandi, dan kamar tidur tamu dengan kamar mandi en-suite. Di lantai atas terdapat kamar tidur utama dengan kamar mandi ensuite.

FOYER

Area masuk apartemen sekilas memberikan bayangan desain yang membuat kita penasaran akan area selanjutnya: perabot eklektik, lampu-lampu unik, dan warna terang yang kontras dengan latar rumah yang seluruhnya berwarna putih.

GET THE LOOK Kabinet Turner berwarna oranye, figurine burung berwarna emas, serta bantal, semuanya karya Jonathan Adler. Lampu pendant dari Gaetano Sciolari.

 

RUANG TAMU

3-ruang-tamu

Apa yang membuat gaya desain eklektik bervariasi karya Jonathan ini terlihat luar biasa? Tabrak warna dari palet warna tenang (biru, hijau, oranye) dan motif ulang yang menjadi kunci desain (yang motifnya sedang melihat Anda…)

GET THE LOOK Chandelier Giant Sputnik, sofa Baxter toska, sofa Peking hijau, bantal Big Hair Bob, tanduk kuningan raksasa, obelisk Lucite, seluruhnya karya Jonathan Adler. Kursi tulip hitam dan putih dari Eero Saarinen untuk Knoll. Meja kromium bundar dari Xavier Feal. Pajangan kepala Michael Jackson merupakan barang temuan di pasar loak. Artwork gambar mata yang dibingkai dari seniman Amerika, John-Paul Phillippe. Lampu dinding di atas area pintu masuk dari Remo Saraceni. Artwork di atas perapian dari Geoff McFetridge. Gambar mata di perapian dilukis oleh Danny Balgley.

 

“Moto saya adalah more, more, more!” ungkap desainer Jonathan Adler seraya tertawa. “Hidup terlalu singkat, jadi lakukanlah sesuatu lebih, buatlah lebih, dan miliki lebih…” Ya, pria yang disinonimkan dengan pria gaya baru Amerika yang glamor—sopan, luks, jenaka—bukan dikenal karena estetikanya yang terkekang. Namun terselip gaya menarik minimalis di setiap desainnya yang berani. “Saat saya mendesain objek, saya membuatnya minimal sebisa mungkin,” ujarnya. “Namun ketika Anda menaruhnya bersama justru membuat ruang Anda terlihat maksimal!”
Yang membuat desain Jonathan tampil sempurna ialah perabotnya yang berwarna terang namun dinding dan langit-langit, serta lantainya berwarna putih. Lampu gantung yang menghiasi langit-langit mencuri perhatian mata. Gorden super-panjang yang menutupi jendela besar apartemen. Kesannya memang tidak bertahan, mungkin sementara, namun selama ada Jonathan, barang-barang di sini begitu menakjubkan.

Palet warna yang diaplikasikan Jonathan ialah sedikit warna tua netral dan hijau muda kekuning-kuningan: oranye Jaffa dan biru langit. “Saya menyukai biru yang biru, oranye yang oranye, hijau yang hijau,” ujarnya. Warna tersebut memberikan gradasi yang murni dan tampil harmonis saat disandingkan bersama—warna yang dipilih dan digunakan berulang dari ruang ke ruang, zig-zag, dan motif houndstooth yang menambah kesan modern dengan sentuhan monokrom. “Saya besar bersama nenek yang luar biasa—seseorang yang eksentrik dengan karakter Auntie Mame—dan rumahnya dipenuhi barang tak terduga,” jelas Jonathan. “Hal itu yang menginspirasi imajinasi saya.”

Yakinlah, pikiran kita dipenuhi hal tak terduga…

Temukan koleksi desain Jonathan Adler di www.jonathanadler.com

 

RUANG TAMU

4-ruang-tamu2

Lukisan Ed Paschke awalnya dibuat untuk Playboy Mansion. Kini, gambar itu terlihat sangat menarik di sudut playful ini,yang disempurnakan dengan bantal bergaya modern dan meja berkaki kepala domba hutan.

GET THE LOOK Meja koktail Aries, bantal bergambar, dan karpet, semua dari Jonathan Adler.

 

 

KAMAR TIDUR UTAMA

5-kamar-tidur-utama

Padu-padan dari sentuhan Jonathan mengubah headboard biasa menjadi sesuatu yang unik, dengan motif tali nautikal yang menjadi pusat perhatian bersama dengan dinding bergaya barok.

GET THE LOOK Wallpaper Grasscloth, tempat tidur Templeton, dan duvet Southampton dari Jonathan Adler. Karpet dari David Hicks. Bahan oranye Harmon Manor II dari Schumacher. Stool merupakan barang temuan vintage.